Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

tugas strategi pembelajaran 1


TUGAS PERTAMA, SYAHRIR.............!!!!!!!!!!!!
1.       Menurut anda mengapa manusia itu harus belajar , perkuat jawaban anda dengan teori-teori.
2.       Berikan contoh dari delapan type belajar.
3.       Kemukakan pendapat anda tentang ciri-ciri pembelajaran yang efektif .

jawab :
1.      Karena berdasarkan pengertian  belajar itu sendiri adalah Belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman atau tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif. Hal inilah mengapa manusia harus belajar  agar memperoleh kepandaian dan mengalami perubahan tingkah laku dari tidak tahu mejadi tahu. Adapun teori-teori yang mendukung adalah sebagai berikut:
a.      Menurut james O. Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
b.      Winkel, belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, nilai dan sikap.
c.       Cronchbach (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah suatu aktifitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
d.      Howard L. Kingskey (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan.
e.      Drs. Slameto (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu  itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya.
f.        (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)
Belajar adalah  serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor.
g.      R. Gagne (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) hal 22. Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, ketrampilan, kebiasaan dan tingkah laku
h.      Herbart (swiss) Belajar adalah suatu proses pengisian jiwa dengan pengetahuan dan pengalamn yang sebanyak-banyaknya dengan melalui hafaln
i.         Robert M. Gagne dalam buku: the conditioning of learning mengemukakan bahwa: Learning is change in human disposition or capacity, wich persists over a period time, and which is not simply ascribable to process a groeth. Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus, bukan hanya disebabkan karena proses pertumbuhan saja. Gagne berkeyakinan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalm diri dan keduanya saling berinteraksi.
j.         Lester D. Crow and Alice Crow (WWW. Google.com) Belajar adalah acuquisition of habits, knowledge and attitudes. Belajar adalah upaya-upaya untuk memperoleh kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap.
k.       Ngalim Purwanto (1992) (WWW. Google.com) Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku, yang terjadi sebagi hasil dari suatu latihan atau pengalaman.
2.       Contoh 8 type belajar yaitu:
a.       Signal learning(belajar isyarat) contohnya adalah ketika lonceng pertama  berbunyi dengan spontan siswa akan masuk ke kelas sebagai isyarat pembelajaran dimulai.
b.      Stimulus- response learning conothnya adalah jika orang tua siswa menjanjikan kepada anaknya bahwa ketika siswa itu memperoleh pringkat satu maka akan diberi hadiah, maka anak dengan sendirinya akan  giat belajar.
c.       Chaining(rantai atau rangkaian) contohnya adalah hubungan antara materi pengukuran dengan besaran.
d.      Verbal association contohnya adalah jika seorang guru memperlihatkan gambar mistar maka siswa akan berkata itu adalah alat ukur panjang.
e.      Nonverbal association contohnya adalah siswa mengetahui perbedaan antara rangkaian seri dengan rangkaian parale
f.        Concept learning contohnya adalah menunjukkan dari benda tersebut yang berfungsi sebagai  nilai alat ukur massa.
g.       Rule(belajar aturan)  contohya adalah  postulat, konsep, asas, teorema, hukum.
h.      Problem solving contohnya adalah rangkaian paralel sebagai cara untuk membuktikan hukum kirchoff.
3.       Menurut saya  pembelajaran itu dikatakan  efektif  ketika  dapat mencapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan indikator yang ingin dicapai. Adapun ciri-ciri pembelajaran yang efektif adalah  sebagai berikut :
a.       Belajar secara efektif baik mental maupun fisik, menurut saya aktif secara mental dapat dilihat dari perkembangan intelektual siswa  dan mampu berfikir secara kritis. Dan aktif secara fisik dapat dilihat dari keaktipan siswa dalam kelas mengikuti pembelajaran yang dibawakan.
b.       guru harus memiliki metode pembelajaran yang pervariasi sehingga siswa tidak mengalami kejenuhan dalam mengikuti  pembelajaran dengan kata lain suasana kelas menjadi hidup.
c.       Guru seharusnya  memberi motivasi yang membuat siswa  semakin giat belajar sehingga pembelajaran mejadi efektif.
d.      Menciptakan suasana demokratis di sekolah, yakni dengan menciptakan lingkungan yang saling menghormati, kita dapat mengrti kebutuhan siswa, tenggang rasa, memberikan kesempatan kepada siswa unyuk belajar mandiri, menghargai pendapat orang lain.
e.      Pelajaran di sekolah perlu dihubungkan dengan kehidupan nyata sehingga siswa dengan mudah memahami apa yang di ajarkan.
f.        Interaksi belajar yang kondusif, dengan memberikan kebebasan untuk mencari, sehingga menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa  yang besar pada pekerjaannya dan lebih percaya diri sehingga siswa tidak bergantung pada orang lain.
g.       Pemberian remedial dan diagnosa pada kesulitan belajar yang muncul, mencari faktor penyebab dan memberikan pengajaran remedial sebagai perbaikan, jika diperlukan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: