Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

klasifikasi model pembelajaran, serta ahlinya.


Model
Ahli
Kelompok Model
Tujuan

Proses Informasi
Jerome Brunner
Model Penemuan Konsep
Dirancang terutama untuk mengembangkan penalaran induktif, tetapi untuk perkembangan dan anlisis konsep.
Hilda Taba (1966)
Model Berfikir Induktif
Dirancang untuk pengembangan proses mental induktif dan penalaran akademik atau pembentukan teori.
Richard Suchman
Model Latihan Inquiry
Dirancang untuk pembelajaran murid dalam menghadapi penalaran kausal, dan untuk lebih pasih dan tepat dalam mengajukan pertanyaan, membentuk konsep dan hipotesis. Model ini pada mulanya digunakan dalam sains, tetapi kemampuan-kemampuan ini berguna untuk tujuan-tujuan pribadi dan social.
Joseph J. Schwab
Inquiry Ilmiah
Dirancang untuk pembelajaran system penelitian dari suatu displin, tetapi juga diharapkan untuk memiliki efek dalam
Jean Piaget Irving Sigel,
Edmund Sulivand,
dkk
Pengembangan Intelek
Dirancang untuk meningkatkan perkembangan intelektual, terutama penalaran logis, tetapi dapat diterapkan pada perkembangan social.
David Ausubel
Model Penata Lanjutan
Dirancang untuk meningkatkan efesiensi kemampuan pemrosesan informasi untuk menyerap dan mengaitkan bidang-bidang pengetahuan.
Harry Lorayne Jerry Lucas
Model Memorisasi
Dirancang untuk meningkatkan kemampuan pengingatan peserta didik.
TUGAS III
Klasifikasi model dalam pembelajaran terkini dibagi menjadi empat (4) yaitu proses informasi, personal, interaksi social dan behavioral.



Model
Ahli
Kelompok Model
Tujuan
Personal
Carl Rogers
Model Pengajaran Non Direktif
Memberi tekanan pada pembentukan kemampuan dalam perkembagan pribadi dalam arti kesadaran diri, pemahaman diri, kemandirian dan mengenai konsep diri.
Fritz Perls William Schutz
Latihan Kesadaran
Meningkatkan kemampuan individu peserta didik untuk mengekplorasi diri dan kesadaran diri. Banyak menekankan pada perkembangan kesadarn dan pemahaman antar pribadi.
William Gordon
Sinektik
Model ini menekankan pada perkembangan pribadi dalam kreatifitas dan pemecahan masalah kreatif.
David Hunt
Sistem-sistem Koseptual
Dirancang untuk meningkatkan  kekomplekskan  dan keluwesan diri.
William Glasser
Pertemuan Kelas
Model ini menekankan pada  perkembangan pemahaman  diri dan tanggung jawab  kepada diri sendiri dan kelompok social.
Interaksi Sosial
Herbert Telen John Dewey
Investigasi Kelompok
Perkembangan keterampilan untuk partisipasi dalam proses social yang demokratis melalui penekanan yang dikombinasikan pada keterampilan antar pribadi (kelompok) dan keterampilan-keterampilan penetuan akademik. Aspek perkembangan pribadi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam model ini.
Byron Massiles Benjamin Cox
Inquiry Sosial
Model ini menekankan pada pemecahan masalah social,  terutama melalui penemuan, social dan penalaran logis.
Bethel Maine
Latihan Laboratoris
Model ini menekankan pada perkembangan keterampilan antar pribadi dan kelompok melalui kesadaran dan keluwesan pribadi.
Donald OleverJames P. Shaver
Penelitian  Yurispudensial
Mpdel ini dirancang untuk pembelajaran kerangka acuan yurispudensial sebagai cara berpikir dan penyelesaian isu-isu social.


Model
Ahli
Kelompok Model
Tujuan
Interaksi Sosial
Fainie Shavel George fhefel
Bermain Perang
Model pembelajaran ini dirancang untuk mempengaruhi peserta didik agar menemukan nilai-nilai pribadi dan social. Perilaku dan nilai-nilainya diharapkan peserta didik menjadi sumber peneluan berikutnya.
Sarene  Bookock Harold
Simulasi Sosial
Model ini dirancang untuk membantu peserta didik agar mengalami bermaca,-macam proses dan kenyataan social, dan untuk, menguji reaksi peserta didik serta untuk memperoleh konsep keterampilan perbuatan dan keputusan.
Behavioral
B.F. Sikinner (1953)
Managemen  Kontigensi
Model pembelajaran ini menekankan pada kemampuan memahami fakta-fakta, konsep dan keterampilan.
B.F. Skinner (1953)
Kontrol Diri
Moddel pembelajaran ini menekankan pada pengendalian perilaku dan keterampilan social dalam mnegontrol dirinya.
Rimm,  Master Wolfe
Relaksasi (Santai)
Model pembelajaran ini menekankan pada tujuan pribadi  (mengurangi ketegangan dan kecenasan).
Rimm, Master Wolfe
Pengurangan Ketegangan
Model pembelajaran ini menitikberatkan pada pengalihan pada kesantaian dari kecemasan dalam situasi social.
Wolfe, Lazarus, Salter Wolfe
Latihan Asertif Desensitas
Pembelajaran ini berorientasi pada ekspresi perasaan secara langsung dan spontan ddalam situasi social.
Gagne, Smith dan Smith
Latihan Langsung
Pembelajaran ini menekankan pada pola-pola perilaku dan keterampilan pada diri peserta didik.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: