TUGAS PERTAMA,
SYAHRIR.............!!!!!!!!!!!!
1.
Menurut anda mengapa manusia itu harus
belajar , perkuat jawaban anda dengan teori-teori.
2.
Berikan contoh dari delapan type
belajar.
3.
Kemukakan pendapat anda tentang
ciri-ciri pembelajaran yang efektif .
jawab
:
1. Karena berdasarkan pengertian
belajar itu sendiri adalah Belajar adalah berusaha memperoleh
kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang
disebabkan oleh pengalaman atau tahapan perubahan seluruh tingkah laku
individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan
lingkungan yang melibatkan proses kognitif. Hal inilah mengapa manusia harus
belajar agar memperoleh kepandaian dan
mengalami perubahan tingkah laku dari tidak tahu mejadi tahu. Adapun teori-teori
yang mendukung adalah sebagai berikut:
a. Menurut
james O. Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta;
1999) Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui
latihan atau pengalaman.
b. Winkel, belajar adalah
aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan
lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman,
ketrampilan, nilai dan sikap.
c. Cronchbach
(Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar
adalah suatu aktifitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai
hasil dari pengalaman.
d. Howard
L. Kingskey (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)
Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui
praktek atau latihan.
e. Drs.
Slameto (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999)
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh
suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil
pengalaman individu itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya.
f.
(Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi
Belajar; Rineka Cipta; 1999)
Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor.
Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor.
g. R.
Gagne (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) hal 22.
Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan,
ketrampilan, kebiasaan dan tingkah laku
h. Herbart
(swiss) Belajar adalah suatu proses pengisian jiwa dengan pengetahuan dan
pengalamn yang sebanyak-banyaknya dengan melalui hafaln
i.
Robert M. Gagne dalam buku: the conditioning
of learning mengemukakan bahwa: Learning is change in human disposition or
capacity, wich persists over a period time, and which is not simply ascribable
to process a groeth. Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan
manusia setelah belajar secara terus menerus, bukan hanya disebabkan karena
proses pertumbuhan saja. Gagne berkeyakinan bahwa belajar dipengaruhi oleh
faktor dari luar diri dan faktor dalm diri dan keduanya saling berinteraksi.
j.
Lester D. Crow and Alice Crow (WWW.
Google.com) Belajar adalah acuquisition of habits, knowledge and attitudes.
Belajar adalah upaya-upaya untuk memperoleh kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan
dan sikap.
k. Ngalim
Purwanto (1992) (WWW. Google.com) Belajar adalah setiap perubahan yang relatif
menetap dalam tingkah laku, yang terjadi sebagi hasil dari suatu latihan atau
pengalaman.
2.
Contoh 8 type belajar yaitu:
a.
Signal learning(belajar isyarat)
contohnya adalah ketika lonceng pertama
berbunyi dengan spontan siswa akan masuk ke kelas sebagai isyarat
pembelajaran dimulai.
b.
Stimulus- response learning conothnya
adalah jika orang tua siswa menjanjikan kepada anaknya bahwa ketika siswa itu
memperoleh pringkat satu maka akan diberi hadiah, maka anak dengan sendirinya
akan giat belajar.
c.
Chaining(rantai atau rangkaian)
contohnya adalah hubungan antara materi pengukuran dengan besaran.
d.
Verbal association contohnya adalah
jika seorang guru memperlihatkan gambar mistar maka siswa akan berkata itu
adalah alat ukur panjang.
e.
Nonverbal association contohnya adalah
siswa mengetahui perbedaan antara rangkaian seri dengan rangkaian parale
f.
Concept learning contohnya adalah
menunjukkan dari benda tersebut yang berfungsi sebagai nilai alat ukur massa.
g.
Rule(belajar aturan) contohya adalah postulat, konsep, asas, teorema, hukum.
h.
Problem solving contohnya adalah rangkaian
paralel sebagai cara untuk membuktikan hukum kirchoff.
3.
Menurut saya pembelajaran itu dikatakan efektif
ketika dapat mencapai tujuan yang
diinginkan sesuai dengan indikator yang ingin dicapai. Adapun ciri-ciri
pembelajaran yang efektif adalah sebagai
berikut :
a.
Belajar secara efektif baik mental
maupun fisik, menurut saya aktif secara mental dapat dilihat dari perkembangan
intelektual siswa dan mampu berfikir
secara kritis. Dan aktif secara fisik dapat dilihat dari keaktipan siswa dalam
kelas mengikuti pembelajaran yang dibawakan.
b.
guru harus memiliki metode pembelajaran yang
pervariasi sehingga siswa tidak mengalami kejenuhan dalam mengikuti pembelajaran dengan kata lain suasana kelas
menjadi hidup.
c.
Guru seharusnya memberi motivasi yang membuat siswa semakin giat belajar sehingga pembelajaran
mejadi efektif.
d.
Menciptakan suasana demokratis di
sekolah, yakni dengan menciptakan lingkungan yang saling menghormati, kita
dapat mengrti kebutuhan siswa, tenggang rasa, memberikan kesempatan kepada
siswa unyuk belajar mandiri, menghargai pendapat orang lain.
e.
Pelajaran di sekolah perlu dihubungkan
dengan kehidupan nyata sehingga siswa dengan mudah memahami apa yang di
ajarkan.
f.
Interaksi belajar yang kondusif,
dengan memberikan kebebasan untuk mencari, sehingga menumbuhkan rasa tanggung
jawab siswa yang besar pada pekerjaannya
dan lebih percaya diri sehingga siswa tidak bergantung pada orang lain.
g.
Pemberian remedial dan diagnosa pada
kesulitan belajar yang muncul, mencari faktor penyebab dan memberikan
pengajaran remedial sebagai perbaikan, jika diperlukan.
0 komentar:
Posting Komentar