Model
|
Ahli
|
Kelompok Model
|
Tujuan
|
Proses Informasi
|
Jerome Brunner
|
Model Penemuan Konsep
|
Dirancang terutama untuk
mengembangkan penalaran induktif, tetapi untuk perkembangan dan anlisis
konsep.
|
Hilda Taba (1966)
|
Model Berfikir Induktif
|
Dirancang untuk pengembangan
proses mental induktif dan penalaran akademik atau pembentukan teori.
|
|
Richard Suchman
|
Model Latihan Inquiry
|
Dirancang untuk pembelajaran
murid dalam menghadapi penalaran kausal, dan untuk lebih pasih dan tepat
dalam mengajukan pertanyaan, membentuk konsep dan hipotesis. Model ini pada
mulanya digunakan dalam sains, tetapi kemampuan-kemampuan ini berguna untuk
tujuan-tujuan pribadi dan social.
|
|
Joseph J. Schwab
|
Inquiry Ilmiah
|
Dirancang untuk pembelajaran
system penelitian dari suatu displin, tetapi juga diharapkan untuk memiliki
efek dalam
|
|
Jean Piaget Irving Sigel,
Edmund Sulivand,
dkk
|
Pengembangan Intelek
|
Dirancang untuk meningkatkan
perkembangan intelektual, terutama penalaran logis, tetapi dapat diterapkan
pada perkembangan social.
|
|
David Ausubel
|
Model Penata Lanjutan
|
Dirancang untuk meningkatkan
efesiensi kemampuan pemrosesan informasi untuk menyerap dan mengaitkan
bidang-bidang pengetahuan.
|
|
Harry Lorayne Jerry Lucas
|
Model Memorisasi
|
Dirancang untuk meningkatkan
kemampuan pengingatan peserta didik.
|
TUGAS III
Klasifikasi model dalam pembelajaran terkini dibagi
menjadi empat (4) yaitu proses informasi, personal, interaksi social dan
behavioral.
Model
|
Ahli
|
Kelompok Model
|
Tujuan
|
Personal
|
Carl Rogers
|
Model Pengajaran Non Direktif
|
Memberi tekanan pada pembentukan kemampuan dalam perkembagan pribadi
dalam arti kesadaran diri, pemahaman diri, kemandirian dan mengenai konsep
diri.
|
Fritz Perls William Schutz
|
Latihan Kesadaran
|
Meningkatkan kemampuan individu peserta didik untuk mengekplorasi
diri dan kesadaran diri. Banyak menekankan pada perkembangan kesadarn dan
pemahaman antar pribadi.
|
|
William Gordon
|
Sinektik
|
Model ini menekankan pada perkembangan pribadi dalam kreatifitas dan
pemecahan masalah kreatif.
|
|
David Hunt
|
Sistem-sistem Koseptual
|
Dirancang untuk meningkatkan
kekomplekskan dan keluwesan
diri.
|
|
William Glasser
|
Pertemuan Kelas
|
Model ini menekankan pada
perkembangan pemahaman diri dan
tanggung jawab kepada diri sendiri dan
kelompok social.
|
|
Interaksi Sosial
|
Herbert Telen John Dewey
|
Investigasi Kelompok
|
Perkembangan keterampilan untuk partisipasi dalam proses social yang
demokratis melalui penekanan yang dikombinasikan pada keterampilan antar
pribadi (kelompok) dan keterampilan-keterampilan penetuan akademik. Aspek
perkembangan pribadi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam model ini.
|
Byron Massiles Benjamin Cox
|
Inquiry Sosial
|
Model ini menekankan pada pemecahan masalah social, terutama melalui penemuan, social dan
penalaran logis.
|
|
Bethel Maine
|
Latihan Laboratoris
|
Model ini menekankan pada perkembangan keterampilan antar pribadi dan
kelompok melalui kesadaran dan keluwesan pribadi.
|
|
Donald OleverJames P. Shaver
|
Penelitian Yurispudensial
|
Mpdel ini dirancang untuk pembelajaran kerangka acuan yurispudensial
sebagai cara berpikir dan penyelesaian isu-isu social.
|
Model
|
Ahli
|
Kelompok Model
|
Tujuan
|
Interaksi Sosial
|
Fainie Shavel George fhefel
|
Bermain Perang
|
Model pembelajaran ini dirancang untuk mempengaruhi peserta didik
agar menemukan nilai-nilai pribadi dan social. Perilaku dan nilai-nilainya
diharapkan peserta didik menjadi sumber peneluan berikutnya.
|
Sarene Bookock Harold
|
Simulasi Sosial
|
Model ini dirancang untuk membantu peserta didik agar mengalami
bermaca,-macam proses dan kenyataan social, dan untuk, menguji reaksi peserta
didik serta untuk memperoleh konsep keterampilan perbuatan dan keputusan.
|
|
Behavioral
|
B.F. Sikinner (1953)
|
Managemen Kontigensi
|
Model pembelajaran ini menekankan pada kemampuan memahami
fakta-fakta, konsep dan keterampilan.
|
B.F. Skinner (1953)
|
Kontrol Diri
|
Moddel pembelajaran ini menekankan pada pengendalian perilaku dan
keterampilan social dalam mnegontrol dirinya.
|
|
Rimm, Master Wolfe
|
Relaksasi (Santai)
|
Model pembelajaran ini menekankan pada tujuan pribadi (mengurangi ketegangan dan kecenasan).
|
|
Rimm, Master Wolfe
|
Pengurangan Ketegangan
|
Model pembelajaran ini menitikberatkan pada pengalihan pada
kesantaian dari kecemasan dalam situasi social.
|
|
Wolfe, Lazarus, Salter Wolfe
|
Latihan Asertif Desensitas
|
Pembelajaran ini berorientasi pada ekspresi perasaan secara langsung
dan spontan ddalam situasi social.
|
|
Gagne, Smith dan Smith
|
Latihan Langsung
|
Pembelajaran ini menekankan pada pola-pola perilaku dan keterampilan
pada diri peserta didik.
|
0 komentar:
Posting Komentar