RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI 8 MAKASSAR
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X / 1 (ganjil)
Tahun
Ajaran : 2013/2014
Materi
Pembelajaran : Gerak
Alokasi
Waktu : 1x pertemuan (3x45 menit)
I.
Standar
Kompetensi
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda
titik.
II.
Kompetensi
Dasar
Menerapkan
konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.
III.
Indikator
1.
Menjelaskan
gerak lurus beraturan
2.
Menjelaskan
gerak lurus berubah beraturan
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengetahui
gerak lurus beraturan.
2.
Siswa dapat mengetahui
gerak lurus berubah beraturan.
V.
Materi Ajar
A. Gerak
Gerak adalah perpindahan
atau perubahan posisi suatu benda terhadap benda lain yang ditetapkan sebagai
titik acuan.
1.
Jarak dan perpindahan
·
Jarak adalah panjang lintasan
yang ditempuh suatu benda. Jarak merupakan besaran scalar sehingga bergantung pada lintasan yang
ditempuh.
Jarak
dilambangkan dengan s
·
Perpindahan adalah perubahan
kedudukan atau posisi suatu benda terhadap titik acuan atau posisi awal. Besar
perpindahan hanya bergantung pada kedudukan awal dan kedudukan akhir, tidak
bergantung pada lintasan yang ditempuh benda. Perpindahan merupakan besaran
vector.
Di tulis
dengan persamaan
Δx =
kedudukan akhir-kedudukan awal
Dgn
Δx= + :
perpindahan (x) ke arah kanan sumbu x
Δx= -:
perpindahan (x) ke arah kanan sumbu-x
2.
Kelajuan dan kecepatan
·
Kelajuan adalah besaran scalar,
sehingga selalu bernilai positif. Kelajuan tidak bergantung pada arah
perpindahan suatu benda besarnya hanya di tentukan oleh jarak tempuh dan waktu
tempuh. Dapat ditulis dengan persamaan.
Dimana
v = s/t
v = kelajuan (m/s)
s= jarak tempuh (m)
t= waktu tempuh (s)
contoh
seorang anak berlari dengan cepat
karena sudah terlambat menuju ke sekolah. Untuk menempuh jarak 300 meter
dibutuhkan waktu 50 sekon. Berapakah laju anak itu ?
jawab
s = 300m
t= 50 s
v =300/50
, jadi laju anak itu 6m/s
·
Kecepatan adalah perpindahan suatu
benda terhadap waktu. Dimana kecepatan merupakan besaran vector sehingga hanya
bergantuk pada perpindahan dan waktu tempuh dan arah gerak, dapat di tulis
dengan persamaan
Dimana, v = x/t
v adalah kecepatan
x adalah perpindahan
t
adalah waktu tempuh.
Contoh
Sebuah mobil mengalami
perpindahan sejauh 400 m dengan membutuhkan
waktu 8 s berapakah kecepatan
mobil tersebut?
Jawab :
3.
Kelajuan rata-rata dan kecepatan
rata-rata
·
Kelajuan rata-rata adalah hasil
bagi antara jarak total yang ditempuh dengan waktu tempuh suatu benda. Dapat di
tulis dengan matematis
Dimana, Δv = Δs/ Δt
Δs = kelajuan rata2
Δt
=
waktu rata2
·
Kecepatan rata-rata adalah hasi
bagi antara perpindahan total terhadap
waktu tempuh suatu benda. Dapat ditulis
Dimana, Δv = Δx/Δt
Δx = x2-x1
Δt =t2-t1
4. Kelajuan
sesaat dan kecepatan sesaat
·
Kelajuan sesaat kecepatan sesaat
5. Gerak lurus
6. Percepatan rata-rata adalah perubahan kecepatan tiap satuan
waktu, dapatditulis dengan persamaan.
a = Δv /Δt
Dimana, Δv
= perubahan kecepatan (ms)=vakhir-vawal
Δt = perubahan waktu(s)=
takhir-tawal
a = percepatan rata-rata (m/s2)
percepatan
sesaat
VI.
Metode/Model
Pembelajaran
-
Model : TGT (Team Games Tournament)
-
Metode : ceramah
Kegiatan
|
Fase
|
Kegiatan Guru
|
karakter
|
Waktu
(menit)
|
Kegiatan Awal
|
Fase 1:
Menyampaikan tujuan,
motivasi dan mempersiapkan siswa.
|
·
Guru masuk dikelas, ketua
kelas mempersiapkan kelas dan memimpin doa sebelum belajar.
·
Guru membuka pertemuan dengan
mengucapkan salam selanjutnya guru mengecek kehadiran siswa.
|
Religious
toleransi
|
15
|
Kegiatan inti
|
Fase 2:
Menyampaikan
informasi
Fase3:
Membimbing pelatihan.
Fase 4:
Mengecek pemahaman
Fase5:
Pelatihan lanjutan
|
·
Menjelaskan perbedaan
jarak dan perpindahan
·
Memberi contoh jarak
dan perpindahan
·
Menjelaskan perbedaan
kelajuan dan kecepatan
·
Memberikan soal-soal
sederhana mengenai kelajuan
dan kecepatan yang diselesaikan oleh guru dan diperhatikan oleh kelas.
·
Guru memberikan
soal-soal untuk dikerjakan oleh semua siswa.
·
Guru menunjuk salah
satu siswa untuk mengerjakannya di papan tulis dan menanyakan kepada siswa, apakah jawaban di papan tulis sudah benar
dan sama dengan yang dikerjakan di bangku masing-masing.
·
Jika semua sama dan
benar maka guru melanjutkan kegiatan, namum jika masih ada kurang tahu maka
guru mengajak kelas untuk menyelesaikan soal tersebut secara bersama.
·
Memberikan soal yang
lebih rumit.
|
Rasa ingin tahu
Mandiri
Mandiri, jujur dan bertanggung jawab
Komunikasi
Dan bertanggung jawab
Komunikasi
mandiri
|
25
25
30
26
|
Kegiatan akhir
|
Penutup
|
·
Guru meminta siswa
membuat kesimpulan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
·
Guru memberikan tugas
rumah.
·
Guru memberitahukan
materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
|
mandiri
|
15
|
VII.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
·
Menjelaskan
pengertian gerak, jarak, perpindahan, kelajuan,
kecepatan.
·
Menjelaskan perbedaan kecepatan
dan kelajuan.
·
Menjelaskan istilah-istilah
yang ada pada gerak
·
Menyebutkan besaran-besaran
pada gerak
·
Menyelesaikan
soal-soal sederhana mengenai gerak.
|
Ulangan harian
Ulangan harian
Ulangan harian
Ulangan harian
Ulangan harian
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Skor Penilaian
No.
|
Instrumen
Soal
|
Jawaban
|
Skor
maks
|
1
|
Apa yang
dimaksud dengan gerak?
|
Gerak adalah perubahan posisi atau
kedudukan suatu benda dari satu titik acuan.
|
10
|
2
|
Apa yang
dimaksud dengan jarak, dan perpindahan, kelajuan dn kecepatan?
|
Jarak adalah
panjang lintasan yang ditempuh suatu benda yang mengalami perpindahan,
perpindahan
adalah perubahan kedudukan suatu benda ditinjau dari titik akhir ketitik
awal.
Kelajuan adalah
jarak tempuh suatu benda terhadap waktu.
Kecepatan adalah
perpindahan suatu benda terhadap waktu.
|
20
|
3
|
Apa
perbedaan kelajuan dan kecepatan?
|
Perbedaan
Kelajuan dan kecepatan yaitu kelajuan merupakan besaran scalarkaren hanya
memiliki nilai sedangkan kecepatan merupakan besaran vector karena memiliki
nilai dan arah .
|
20
|
4
|
Apa
pengertian percepatan rata-rata serta termasuk besaran apa?
|
Percepatan adalah
perubahan kecepatan dalam selang waktu tertentu. Di mana kecepatan termasuk
besaran vector karena memiliki arah dan nilai.
|
20
|
5
|
Seekor
siput bergerak mengikuti lintasan lurus, berada di x1=12mm pada saat t1=2s.
selanjutnya, siput di temukan di x2=44mm pada saat t2=10 s. tentukan
kecepatan rata-rata dalam selang waktu tersebut.
|
Diketahui:
x1 = 12mm
t1 = 2s
x2 =44mm
t2 =10s
Ditanyakan v =
........?
Penyelesaian
Δt = t2-t1
Δt = 10-2 = 8s
/s
|
30
|
Jumlah
|
100
|
Lembar
Penilaian
No. Soal
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Menulis pengertian
gerak, jarak dan perpindahan dengan benar
|
20
|
Jumlah
skor
|
20
|
|
2.
|
Menulis pengertian
kelajuan dan kecepatan dengan benar
|
20
|
Jumlah
skor
|
20
|
|
3.
|
Menulis
perbedaan kelajuan dan kecepatan dengan benar
|
20
|
Jumlah
skor
|
20
|
|
4.
|
Menulis
pengertian percepatan dengan benar
|
20
|
|
|
20
|
5.
|
Menulis diketahui
dengan benar
|
5
|
Menulis persamaan
dengan benar
|
5
|
|
Menulis rumus kecepatan,
kelajuan, percepatan, dengan benar
|
5
|
|
|
Menulis hasil dan
satuan kecepatan, kelajuan, percepatan, dengan benar
|
15
|
Jumlah
skor
|
30
|
Format Penilaian Perilaku berkarakter
No
|
Uraian
tugas kinerja
(perilaku)
|
Perlu
perbaiakan
(D)
|
Menunjukkan
kemajuan (C)
|
Memuaskan
(B)
|
Sangat
baik
(A)
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Jujur
Tanggung
jawab
Disiplin
Teliti
Peduli
|
....
....
....
....
....
|
....
....
....
....
....
|
....
....
....
....
....
|
....
....
....
....
....
|
Format Penilaian Perilaku Keterampilan Sosial
No
|
Uraian
tugas kinerja
(perilaku)
|
Kurang
(D)
|
Cukup (C)
|
Baik
(B)
|
Sangat
baik
(A)
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Mengeluarkan
ide
Bertanya
Bekerjasama
Menerima
pendapat orang lain
Komunikatif
|
....
....
....
....
....
|
....
....
....
....
....
|
....
....
....
....
....
|
....
....
....
....
....
|
Makassar,
2013
Mengetahui :
Guru pamong Guru
Mata Pelajaran
DARMIANA, S.pd SYAHRIR
NIP.19741126 200012 2 004 NIm.20404110098
Dosen
pembimbing
Muhammad
Qaddafi, S.Si, M.Si
NIP. 19768082
200501 1 001
0 komentar:
Posting Komentar